Annan Bahas Suriah dengan Pejabat Rusia

Diposting oleh Bocah Klepon on Minggu, 25 Maret 2012

Berita Timur Tengah, - Utusan Khusus PBB dan Liga Arab untuk Suriah, Kofi Annan tiba di Moskow pada Sabtu (24/3) untuk melihat seberapa jauh kesediaan Rusia mendo...

Utusan Khusus PBB dan Liga Arab untuk Suriah, Kofi Annan tiba di Moskow pada Sabtu (24/3) untuk melihat seberapa jauh kesediaan Rusia mendorong sekutu Arabnya setelah PBB menyeru pasukan Suriah untuk menarik diri dari kota-kota.

Annan bertemu Presiden Dmitry Medvedev dan Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov pada Ahad dan kemudian akan mengadakan pembicaraan mulai Selasa di Cina, AFP melaporkan.

Lavrov mengatakan pada 20 Maret bahwa Rusia siap mendukung misi Kofi Annan di Suriah.

Kremlin percaya bahwa stabilitas sulit diwujudkan kembali di Suriah selama oposisi bersenjata menolak tawaran dialog pemerintah dan terus menerima dukungan politik dan militer dari luar negeri.

Rusia juga mengatakan bahwa Moskow berencana untuk bertemu dengan anggota kelompok oposisi Suriah, Komite Koordinasi Nasional untuk Perubahan Demokratik di Suriah. Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Bogdanov mengatakan, “Kami berpikir organisasi ini tidak kalah pengaruhnya dengan Dewan Nasional Suriah.”

Organisasi itu sebelumnya menolak seruan Dewan Nasional Suriah terkait intervensi internasional dan tampaknya dipandang lebih baik oleh Kremlin.

Rusia dan Cina mendukung pernyataan tidak mengikat yang disampaikan Dewan Keamanan PBB pada 21 Maret untuk menyelesaikan kerusuhan di Suriah.

Kementerian Luar Negeri Cina mengatakan, Kofi Annan juga akan mengunjungi Beijing pada Selasa dan Rabu untuk membahas Suriah. (IRIB Indonesia/RM)


Timur Tengah