Dewan HAM PBB Sesalkan Keputusan Israel

Diposting oleh Bocah Klepon on Selasa, 27 Maret 2012

Berita Timur Tengah, - Presiden Dewan Hak Asasi Manusia PBB mengatakan bahwa keputusan Israel untuk memutuskan hubungan setelah pengumuman PBB untuk melakukan pen...

Presiden Dewan Hak Asasi Manusia PBB mengatakan bahwa keputusan Israel untuk memutuskan hubungan setelah pengumuman PBB untuk melakukan penyelidikan atas pemukiman Zionis, sangat disesalkan.

Laura Dupuy Lasserre, kepala badan 47 negara itu menuturkan pada Senin (26/3) bahwa ia belum menerima konfirmasi resmi terkait keputusan Tel Aviv, tetapi jika memang terjadi, ini akan sangat disesalkan, AFP melaporkan.

“Saya tidak ragu bahwa itu adalah demi kepentingan Israel untuk bekerja sama dengan Dewan HAM PBB menyangkut misi investigasi,” kata Lasserre.

Pada Kamis, Dewan HAM PBB untuk pertama kalinya mengeluarkan resolusi, yang memerintahkan investigasi terhadap dampak-dampak pembangunan pemukiman Zionis di wilayah Palestina.

Resolusi menyeru Israel untuk melindungi warga sipil Palestina dan properti mereka di wilayah-wilayah pendudukan serta mencegah kekerasan pemukim Zionis terhadap warga Palestina, termasuk menyita senjata dan memberlakukan sanksi pidana.

Pada Senin, Juru bicara Departemen Luar Negeri Israel Yigal Palmor mengatakan bahwa pihaknya telah memutuskan kontak dengan dewan. Ditambahkannya, Israel secara resmi belum memberitahukan keputusannya itu kepada dewan.

Pada hari Ahad, Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman menyerukan boikot dewan, sementara Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa dewan seharusnya malu pada dirinya sendiri. (IRIB Indonesia/RM)


Timur Tengah