Liga Arab Dukung Palestina dan Perdamaian Suriah

Diposting oleh Bocah Klepon on Jumat, 30 Maret 2012

Berita Timur Tengah, - Pemimpin Liga Arab menyuarakan dukungan kepada bangsa Palestina dalam menghadapi serangan rutin rezim Israel dan blokade panjang Zionis ter...

Pemimpin Liga Arab menyuarakan dukungan kepada bangsa Palestina dalam menghadapi serangan rutin rezim Israel dan blokade panjang Zionis terhadap Jalur Gaza.

KTT Liga Arab di Baghdad, Irak membahas berbagai isu regional, termasuk masalah Palestina dan kekerasan yang terus menerus di Suriah. Mereka juga mendukung upaya rekonsiliasi antara faksi-faksi Palestina untuk membentuk pemerintah persatuan nasional.

Dalam sambutannya kepada para peserta, Presiden Irak Jalal Talabani menyerukan negara-negara Arab untuk secara bulat mendukung perjuangan bangsa Palestina. Dikatakannya, perdamaian di kawasan itu tidak akan dicapai kecuali Israel menarik diri dari wilayah pendudukan.

“Kami mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk mendirikan negara merdeka Palestina dengan al-Quds sebagai ibukotanya,” tegasnya.

Berbicara tentang krisis Suriah, Talabani mengatakan bahwa Irak mendukung kehendak rakyat Suriah untuk memilih rezim mereka tanpa intervensi asing.

Liga Arab juga menyatakan dukungan terhadap prakarsa Kofi Annan untuk menciptakan perdamaian di Suriah dan mendesak Damaskus untuk sepenuhnya melaksanakan inisiatif yang diusulkan oleh mantan Sekjen PBB itu.

Peserta KTT menegaskan bahwa mereka lebih menyukai solusi politik bagi kerusuhan di Suriah melalui dialog nasional, dan pembicaraan antara pemerintah dan oposisi Suriah berdasarkan prakarsa perdamaian PBB-Liga Arab. Pertemuan itu juga menolak intervensi asing di Suriah. (IRIB Indonesia/RM)


Timur Tengah