Rusia Gusar Melihat Israel Langgar Wilayah Lebanon

Diposting oleh Bocah Klepon on Rabu, 21 Maret 2012

Berita Timur Tengah, - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan bahwa pelanggaran reguler Israel terhadap wilayah udara Lebanon, tidak bisa diterima dan...

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan bahwa pelanggaran reguler Israel terhadap wilayah udara Lebanon, tidak bisa diterima dan melanggar resolusi 1701 Dewan Keamanan PBB.

“Kami menganggap pelanggaran resolusi itu tidak dapat diterima, terutama resolusi yang berhubungan dengan kewajiban menghormati kedaulatan dan wilayah udara Lebanon. Sayangnya, kita menyaksikan bahwa Israel secara rutin melanggar wilayah udara Lebanon,” kata Lavrov dalam konferensi pers dengan sejawatnya dari Lebanon Adnan Mansour di Moskow, Selasa (20/3).

Mansour mengatakan kepada Menlu Rusia bahwa militer Israel telah melanggar wilayah udara Lebanon lebih dari 9.000 kali sejak 2006.

Israelmelanggar wilayah udara Lebanon di hampir setiap hari dan mengklaim penerbangan itu untuk keperluan pengumpulan informasi.

Pemerintah Lebanon, Gerakan Hizbullah, dan Pasukan Penjaga Perdamaian PBB (UNIFIL) telah berulang kali mengutuk pelanggaran wilayah udara oleh tentara Zionis.

Resolusi 1701 Dewan Keamanan menyerukan kepada Israel untuk menghormati kedaulatan dan keutuhan wilayah Lebanon. Pada tahun 2009, Lebanon mengajukan pengaduan ke PBB terkait pelanggaran rutin Israel terhadap wilayah udaranya. (IRIB Indonesia/RM/SL)


Timur Tengah