103 Milisi Bersenjata Suriah Menyerahkan Diri

Diposting oleh Bocah Klepon on Selasa, 03 April 2012

Berita Timur Tengah, - Sebanyak 103 anggota kelompok bersenjata hari Senin (2/4) di wilayah Madaya, Provinsi Rif Dimashq menyerahkan diri kepada aparat keamanan S...

Sebanyak 103 anggota kelompok bersenjata hari Senin (2/4) di wilayah Madaya, Provinsi Rif Dimashq menyerahkan diri kepada aparat keamanan Suriah beserta senjata mereka.

Menurut IRNA berita ini dirilis Kantor Berita Suriah (SANA) secara singkat melalui SMS kepada pelanggannya.

Aksi penyerahan diri milisi bersenjata ini dalam beberapa pekan terakhir menyusul pengampunan bagi mereka yang bersedia menyerahkan diri.

Pemerintah Suriah berulang kali mengumumkan bagi anggota kelompok bersenjata yang tidak terlibat pembantaian terhadap warga sipil akan dibebaskan jika menyerahkan diri dan berjanji tidak akan mengulangi aksinya serta membawa senjata.

Sementara itu, di wilayah al-Madamiyah di Provinsi Rif Dimashq, pasukan keamanan Suriah dilaporkan berhasil menangkap sejumlah anggota milisi bersenjata. Pasukan Suraih juga berhasil menyita sejumlah senjata dan tempat pelatihan perakitan bom. Mereka yang ditangkap terlibat dalam aksi brutal menakut-nakuti warga di daerah tersebut.

Sementara itu, menurut laporan sejumlah media, pasukan keamanan Suriah di perbatasan Khirbet al-Jouz dilaporkan terlibat kontak senjata dengan milisi bersenjata yang hendak masuk ke Suriah melalui wilayah ini. Satu anggota milisi tewas dan lainnya melarikan diri ke wilayah Turki dalam insiden ini.

Ini merupakan kelima kalinya milisi bersenjata gagal memasuki wilayah Suriah melalui Turki. Menurut laporan SANA, militer Turki memindahkan milisi bersejata tersebut ke wilayah mereka setelah kegagalan yang dialami milisi anti Damaskus menembus wilayah Suriah.

Situs Syria online menulis, pasukan Suriah di wilayah al-Qarabid, di kota Homs berhasil membebaskan 66 orang yang diculik milisi bersenjata dan 9 orang diantaranya dalam kondisi kritis. (IRIB Indonesia/MF)


Timur Tengah