“Jangan Sampai NATO Ditawari Peran Menyelesaikan Krisis Suriah”

Diposting oleh Bocah Klepon on Sabtu, 14 April 2012

Berita Timur Tengah, - Kelompok bersenjata Suriah dilaporkan bentrok dengan militer negara ini di wilayah dekat perbatasan dengan Turki, sehari setelah gencatan s...

Kelompok bersenjata Suriah dilaporkan bentrok dengan militer negara ini di wilayah dekat perbatasan dengan Turki, sehari setelah gencatan senjata diberlakukan.

Menurut media Suriah, kelompok bersenjata itu anti-pemerintah “meningkatkan aksi-aksi teror mereka dalam rangka merusak stabilitas di Suriah dan menggagalkan gagasan utusan khusus PBB-Liga Arab, Kofi Annan. “

Press TV (13/4) melaporkan, seorang politisi Turki memperingatkan bahwa Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) tidak boleh ditawari peran apapun dalam upaya mengakhiri kerusuhan di Suriah, mengingat buruknya track record aliansi militer Barat itu dalam menyelesaikan krisis global termasuk di Afghanistan dan Libya.

Hal itu dikemukakan oleh Mustafa Kamalak, Ketua Partai Kebahagiaan Turki dalam wawancaranya dengan Press TV. Dia mengkritik politik pemerintah Turki yang kemungkinan akan mencari dukungan dari NATO untuk ikut terlibat mengurusi instabilitas di Suriah.

Dikatakannya, dunia Muslim harus dibiarkan menyelesaikan masalah-masalahnya sendiri. Ia juga memperingatkan bahwa segala bentuk intervensi asing di Suriah dapat menimbulkan tragedi seperti yang telah menimpa bangsa Irak. (IRIB Indonesia/MZ)


Timur Tengah