Pekan Depan, Kofi Annan Akan Kunjungi Iran

Diposting oleh Bocah Klepon on Kamis, 05 April 2012

Berita Timur Tengah, - Mediator Perdamaian PBB, Kofi Annan akan berkunjung ke Tehran pada 11 April untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat senior Iran ter...

Mediator Perdamaian PBB, Kofi Annan akan berkunjung ke Tehran pada 11 April untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat senior Iran terkait krisis di Suriah, kata juru bicaranya pada hari Kamis (5/4).

Berbicara pada konferensi pers di Jenewa, Ahmad Fawzi mengatakan bahwa Annan akan mengunjungi Tehran pada tanggal 11.

Iran adalah sekutu utama Suriah dan Annan telah mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi di Swiss pada 27 Februari, hanya beberapa hari setelah ia ditunjuk sebagai utusan khusus gabungan PBB dan Liga Arab.

Sementara itu, Suriah menyampaikan kepada Annan bahwa mereka telah memulai penarikan pasukan dari tiga titik sebagai bagian dari prakarsa damai untuk mengakhiri konflik.

“Damaskus telah memberitahu kami bahwa mereka telah mulai menarik pasukan dari daerah-daerah tertentu,” kata Fawzi. Ditambahkannya, mereka telah menetapkan tiga kota yaitu, Deraa, Idlib dan Zabadani.

Proposal perdamaian Annan menetapkan batas waktu 10 April untuk menarik pasukan dan persenjataan berat, diikuti penghentian pertempuran oleh kedua belah pihak dalam waktu 48 jam. (IRIB Indonesia/RM)


Timur Tengah