Ratusan Warga Yordania Gelar Demo Tuntut Pembebasan Aktivis

Diposting oleh Bocah Klepon on Sabtu, 07 April 2012

Berita Timur Tengah, - Sekitar 1.500 warga Yordania hari Jum’at (6/4) menggelar aksi demo menuntut pembebasan 19 aktivis politik dan pelaksanaan reformasi di nega...

Sekitar 1.500 warga Yordania hari Jum’at (6/4) menggelar aksi demo menuntut pembebasan 19 aktivis politik dan pelaksanaan reformasi di negara mereka.

Lebih dari 400 anggota perserikatan buruh dan kelompok Islam berkonsetrasi di dekat Universitas Yordania mengutuk korupsi dan penangkapan ativis muda negara ini. Demikian dilaporkan AFP dari Amman.

Di dekat Amman sekitar 300 anggota Gerakan Pemuda Yordania juga menggelar aksi serupa. Juru bicara Gerakan Pemuda Yordania menandaskan, kami meminta kepada pemerintah untuk membebaskan segera aktivis yang ditangkap.

Ia menambahkan, aksi kami ini sepenuhnya damai untuk menegakkan reformasi di pemerintahan dan kami senantiasa tunduk pada undang-undang.

Pengadilan militer Yordania Ahad lalu mendakwa 13 aktivis politik dangan tuduhan melecehkan raja dan melakukan tindakan huru hara saat terjadi aksi demo di depan Kantor Perdana Menteri di Amman.

Para demonstran juga melakukan aksinya memprotes penangkapan enam aktivis lainnya bulan lalu dengan dakwaan serupa.

Sementara itu, organisasi HAM internasional telah meminta pemerintah Yordania membebaskan seluruh tahanan politik.

Rakyat Yordania sejak tahun lalu menggelar aksi demo menuntut reformasi total politik dan ekonomi serta memberantas korupsi. (IRIB Indonesia/MF)


Timur Tengah