Saudi Bekerjasama dengan Perusahaan Pro-Zionis

Diposting oleh Bocah Klepon on Sabtu, 28 April 2012

Berita Timur Tengah, - Rezim Arab Saudi menandatangani kontrak kerjasama besar dan menguntungkan dengan sebuah perusahaan Perancis yang menghadapi boikot interna...

Rezim Arab Saudi menandatangani kontrak kerjasama besar dan menguntungkan dengan sebuah perusahaan Perancis yang menghadapi boikot internasional karena terlibat dalam proses pengembangan dan pembangunan permukiman Zionis.

Fars News (26/4) melaporkan, perusahaan Perancis bernama Veolia telah menandatangani kesepakatan kerjasama besar dan menguntungkan dengan pemerintah Arab Saudi. Kerjasama tersebut dalam beberapa tahun terakhir telah mendatangkan profit hingga milyaran dolar.

Veolia adalah sebuah perusahaan Perancis yang secara spesialis menangani masalah lingkungan hidup termasuk manajemen air, daur ulang sampah, energi, jalan, dan bangunan. Sejak tahun 2007, perusahaan ini telah menandatangani 62 kontrak kerjasama penyulingan air dan pada tahun 2008 perusahaan ini meneken kontrak besar dengan perusahaan manajemen air Arab Saudi untuk menangani seluruh manajemen kota Riyadh. Kontrak tersebut telah mendatangkan keuntungan hingga 60 milyar dolar.

Sebelum terjun ke pasar Arab Saudi, perusahaan Veolia terlebih dahulu beraktivitas di kawasan pendudukan dan ikut dalam proyek pengembangan dan pembangunan permukiman Zionis yang telah dinyatakan ilegal oleh ketetapan internasonal.

Akibat partisipasinya dalam proyek pembangunan permukiman Zionis, perusahaan Veolia menjadi sorotan berbagai media massa.

Namun anehnya penandatanganan kontrak kerjasama antara pemerintah Saudi dan perusahaan yang aktif dalam proyek pembangunan permukiman Zionis itu, tidak disinggung di media massa Arab Saudi.

Berdasarkan pasal ke-49 Konvensi IV Jenewa, aktivitas Veolia melanggar ketentuan internasional karena disebutkan bahwa merelokasi secara paksa masyarakat atau seseorang yang berada di bawah perlindungan maupun dalam pengasingan dari sebuah wilayah pendudukan ke kawasan pendudukan lain atau ke negara pendudukan atau non-pendudukan lain, dilarang. 

Dengan track-record kerjasamanya dengan rezim Zionis Israel, serta keterlibatannya dalam proyek perluasan dan pengembangan permukiman Zionis, dan dalam membantu mempercepat proses judaisasi Baitul Maqdis, namun perusahaan Veolia selama bertahun-tahun perusahaan tersebut mengantongi profit dari kerjasamanya dengan pemerintah Saudi.

Dan parahnya lagi, pemerintah Riyadh tidak mempedulikan hal ini dan tetap melanjutkan kerjasama.(IRIB Indonesia/MZ)


Timur Tengah