Tariq al Hashimi Tiba di Turki

Diposting oleh Bocah Klepon on Selasa, 10 April 2012

Berita Timur Tengah, - Sumber-sumber diplomatik Turki kepada AFP mengatakan, Tariq al-Hashimi, wakil Presiden Irak yang didakwa terlibat dalam aksi teror hari Sen...

Sumber-sumber diplomatik Turki kepada AFP mengatakan, Tariq al-Hashimi, wakil Presiden Irak yang didakwa terlibat dalam aksi teror hari Senin (9/4) dari Arab Saudi menuju Istanbul, Turki.

Menurut AFP dari Istanbul, sumber ini tidak bersedia disebutkan identitasnya dan mengatakan, agenda kunjungan al-Hashimi masih belum jelas, namun diprediksikan ia akan melakukan perundingan dengan petinggi Turki.

Al-Hashimi setelah melakukan lawatan lima hari ke berbagai negara kawasan termasuk Qatar dan Arab Saudi kini dilaporkan menuju Istanbul.

Petinggi Riyadh di kunjungan al-Hashimi ke Arab Saudi menandaskan bahwa ia mungkin akan menetap di negara ini hingga masa kepemimpinan Nouri al-Maliki, Perdana Menteri Irak berakhir.

Namun demikian, penasehat al-Hashimi menegaskan bahwa wakil presiden Irak ini tidak akan hidup di pengasingan dan akan kembali ke wilayah otonomi Kurdistan.

Lawatan al-Hashimi ke Qatar mendapat kritik pedas dari pemerintah Irak dan mereka meminta Doha mengekstradisi al-Hashimi ke Baghdad. (IRIB Indonesia/MF)


Timur Tengah