Vahidi: Mengapa Teror di Suriah Tidak Dikecam dalam Konferensi Istanbul?

Diposting oleh Bocah Klepon on Rabu, 04 April 2012

Berita Timur Tengah, - Menteri Pertahanan Republik Islam Iran, Brigjen Ahmad Vahidi menyatakan bahwa Konferensi Friends of Syria di Istanbul, digelar dalam rangk...

Menteri Pertahanan Republik Islam Iran, Brigjen Ahmad Vahidi menyatakan bahwa Konferensi Friends of Syria di Istanbul, digelar dalam rangka mendukung kepentingan Barat dan rezim Zionis Israel yaitu menyulut perang sipil dan sektarian di negara-negara kawasan.

Fars News (3/4) melaporkan, Brigjen Vahidi menegaskan bahwa konferensi di Istanbul itu bertujuan memantik api perang saudara di kawasan.  

Dikatakannya bahwa politik negara-negara peserta dalam konferensi tersebut memusuhi keamanan dan stabilitas di kawasan dan menekankan bahwa partisipasi mereka sama dengan upaya militerisasi situasi regional.

“Karena jika tidak demikian, lalu mengapa aksi-aksi teror terhadap warga tak berdosa Suriah tidak dikecam dalam konferensi tersebut,” tegas Vahidi.  

Lebih lanjut Vahidi menyoal mengapa dalam konferensi tersebut masalah perdamaian dan stabilitas dan mengapa tidak ada pihak yang mendukung langkah-langkah reformasi yang telah diambil dan juga pelaksanaan referendum di Suriah sebagai mukaddimah dari pemilu parlemen tidak didukung?

Menhan Iran memperingatkan negara-negara regional atas dampak bahaya dari politik yang hanya mengutamakan kepentingan musuh seraya mengatakan, “Tidak diragukan lagi bahwa Amerika Serikat dan sejumlah negara Barat ingin agar kawasan selalu didera krisis. Kepada rekan-rekan saya memperingatkan agar jangan sampai mereka menjadi sarana politik tersebut dan tidak mendukungnya sehingga tidak terjadi tragedi menyedihkan terhadap rakyat mereka sendiri.”

Menurut Vahidi, pihak-pihak yang mengupayakan militerisasi kawasan, tangan mereka telah berlumuran darah warga tak berdosa di Suriah yang menjadi korban. (IRIB Indonesia.MZ)


Timur Tengah