Hamas Tekankan Hasil Pelaksanaan Rekonsiliasi Nasional

Diposting oleh Bocah Klepon on Kamis, 24 Mei 2012

Berita Timur Tengah, - Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas) menekankan pelaksanaan hasil final rekonsiliasi nasional Palestina. Ismail Ridwan, salah satu...

Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas) menekankan pelaksanaan hasil final rekonsiliasi nasional Palestina.

Ismail Ridwan, salah satu petinggi Hamas Selasa (22/5) menekankan, kesepakatan terbaru di Mesir membuka peluang bagi pelaksanaan kesepakatan Doha dan Kairo. “Penandatanganan kesepakan ini mengindikasikan desakan Hamas bagi terlaksanakannya persatuan dan berakhirnya kevakuman pelaksanaan rekonsiliasi nasional,” ungkap Ridwan.

Ismail Ridwan di statemennya mengingatkan, pemilu di seluruh wilayah Palestina membutuhkan pembentukan pemerintahan nasional bersatu dan friksi kami saat ini terkait masalah ini. “Saat ini kami telah menyelesaikan masalah ini dan disepakati bahwa Komisi Pemilihan Umum akan memulai aktivitasnya seiring dengan pembentukan pemerintah nasional bersatu. Kami optimis kedua pihak komitmen terhadap kesepakatan yang ada,” tandas Ismail Ridwan.

Petinggi Hamas ini menjelaskan, kendala utama bagi terealisasinya rekonsiliasi nasional adalah intervensi AS dan Rezim Zionis Israel di pemerintahan Otorita Ramallah.

Hamas dan Fatah di perundingan hari Ahad lalu di Kairo berhasil mencapai kesepakatan terkait pelaksanaan rekonsiliasi nasional.

Berdasarkan kesepaktan tersebut, Komisi Pemilihan Umum Palestina harus mulai mendata warga yang memenuhi syarat untuk memilih mulai 27 Mei mendatang.

Petinggi Hamas dan Fatah telah menandatangani dua kesepakatan (Doha dan Kairo) untuk mengakhiri friksi mereka demi membentuk pemerintahan nasional bersatu, namun kesepakatan tersebut hingga kini belum terlaksana. (IRIB Indonesia/MF)


Timur Tengah