Suriah Serahkan Daftar Nama Teroris Asing Kepada DK-PBB

Diposting oleh Bocah Klepon on Jumat, 11 Mei 2012

Berita Timur Tengah, - Pemerintah Suriah menyerahkan puluhan nama dari 26 teroris asing yang terlibat dalam kekerasan terbaru di negara ini kepada Dewan Keamanan...

Pemerintah Suriah menyerahkan puluhan nama dari 26 teroris asing yang terlibat dalam kekerasan terbaru di negara ini kepada Dewan Keamanan PBB (DK-PBB)

Menurut AFP, Duta Besar Suriah untuk PBB, Bashar al-Jafari pada Kamis (10/5) kepada Dewan Keamanan mengatakan bahwa 26 nama, beberapa di antaranya berafiliasi dengan al-Qaeda, telah mengakui bahwa mereka adalah teroris dan memasuki Suriah untuk melakukan berbagai serangan di wilayah negara tersebut.

Al-Jafari menambahkan, para teroris berada di tahanan pemerintah Damaskus dan mereka telah membuat pengakuan yang ditanyangkan di televisi pemerintah.

Lebih lanjut utusan Suriah untuk PBB menandaskan, 12 teroris asing juga tewas dalam bentrokan terbaru dengan pasukan keamanan Suriah.

“Kami memiliki daftar yang berisi 12 nama-nama teroris asing yang tewas di Suriah, termasuk seorang warga Perancis, seorang warga Inggris, dan seorang lagi berkewarganegaraan Belgia,” kata al-Jafari kepada DK-PBB.

Beberapa negara regional dan internasional, lanjut al-Jafari, telah mengirim militan, dana, dan senjata kepada pemberontak di Suriah.

Al-Jafari menyerukan DK-PBB untuk segera mengambil tindakan yang diperlukan guna menghentikan semua kegiatan teroris yang terjadi di Suriah dan memberikan tekanan maksimum kepada negara-negara yang memfasilitasi dan memberikan pendanaan serta menghasut kelompok yang sedang melakukan terorisme ini.

Pada Kamis, 55 orang tewas dan hampir 400 lainnya terluka dalam dua serangan bom besar-besaran di distrik al-Qazzaz, sekitar Damaskus, ibukota Suriah.

DK-PBB mengecam serangan tersebut dan meminta semua pihak untuk mematuhi gencatan senjata dan poin-poin lain dari prakarsa perdamaian Kofi Annan, utusan khusus PBB dan Liga Arab.

Pada tanggal 9 Mei, serangan yang sama juga mentarget sebuah truk militer Suriah yang mengawal konvoi tim pemantau PBB di sebelah barat daya kota Daraa. Enam tentara Suriah terluka dalam serangan tersebut.

Kepala tim pemantau PBB, Mayor Jenderal Robert Mood dan anggota tim lainnya yang berada di konvoi itu selamat.

Serangan itu  terjadi sehari setelah utusan khusus PBB dan Liga Arab, Kofi Annan memberikan penjelasan kepada Dewan Keamanan PBB terkait upayanya untuk menghentikan kerusuhan di Suriah.


Pasca laporan Annan kepada DK-PBB, wakil tetap Suriah di PBB Bashar al-Jafari menuding negara-negara asing, termasuk Qatar, Arab Saudi, dan Turki, merencanakan untuk menyabotase rencana Annan dengan memicu kekerasan. (IRIB Indonesia/RA)


Timur Tengah