Abdulbaset Sieda Ketua Baru SNC

Diposting oleh Bocah Klepon on Minggu, 10 Juni 2012

Berita Timur Tengah, - Abdulbaset Sieda terpilih menjadi ketua Dewan Nasional Suriah (kubu oposisi yang menentang pemerintahan Bashar al-Assad). Dewan Nasional...

Abdulbaset Sieda terpilih menjadi ketua Dewan Nasional Suriah (kubu oposisi yang menentang pemerintahan Bashar al-Assad).

Dewan Nasional Suriah (SNC) di sidang dua harinya yang digelar di Istanbul Turki memilih ketua baru mereka. demikian dilaporkan Press TV Ahad (10/6). Di hari pertama sidang, Abdulbaset Sieda dipilih menjadi kandidat tunggal untuk menjabat ketua.

Saat jumpa pers, Sieda menandaskan, diharapkan Dewan Nasional mendukung kelompok bersenjata Tentara Pembebasan Suriah dalam menghadapi Bashar al-Assad.

Sieda terpilih menggantikan Burhan Ghalioun yang meletakkan jabatan. Ghalioun disebut-sebut terpaksa mengundurkan diri untuk menghindari keadaan perpecahan dalam internal SNC setelah para aktivis menuduhnya sebagai diktator.

Dewan Nasional Suriah meminta Ghalioun tetap menjalankan kewajibannya hingga pemilihan ketua baru. SNC yang dibentuk di Turki pada Oktober 2011 lalu sejatinya merupakan kubu anti Assad, namun di enam bulan terakhir organisasi ini mengalami friksi hebat di dalam yang memaksa sejumlah tokoh terkemukanya mengundurkan diri. (IRIB Indonesia/MF)


Timur Tengah