Arab Saudi dan Qatar Dituding Bertanggung Jawab Atas Instabilitas Suriah

Diposting oleh Bocah Klepon on Sabtu, 09 Juni 2012

Berita Timur Tengah, - Mohsen Saleh, pengamat politik menuding Arab Saudi dan Qatar bertanggung jawab atas instabilitas yang terjadi di Suriah. Di wawancaranya...

Mohsen Saleh, pengamat politik menuding Arab Saudi dan Qatar bertanggung jawab atas instabilitas yang terjadi di Suriah.

Di wawancaranya dengan Press TV Jum’at (8/6), Mohsen Saleh menandaskan, pernyataan Vitaly Curkin, wakil tetap Rusia di PBB terkait bantuan Arab Saudi dan Qatar kepada kelompok teroris Suriah dan meminta kedua negara ini untuk bertanggung jawab atas kebijakan mereka mempersenjatai kelompok separatis Damaskus tersebut sepenuhnya benar.

Ia pun menjelaskan bahwa tanggung jawab atas pembantaian warga sipil di Suriah berada di atas pundak Arab Saudi dan Qatar. “Negara ini yang memberikan bantuan finansial dan militer kepada kelompok teroris telah membuat Suriah tak aman dan anehnya mereka mengaku sebagai sahabat Damaskus,” tandas Mohsen Saleh.

Dijelaskannya, Republik Islam Iran mampu memainkan peran penting guna mengajak kubu-kubu yang bertikai di Suriah untuk berunding.

Vitaly Curkin baru-baru ini di Dewan Keamanan PBB menekankan,”Saya berharap sejumlah negara yang tergabung dalam “Friends of Syria” memahami bahwa mereka harus mendukung enam prakarsa Kofi Annan.” (IRIB Indonesia/MF)


Timur Tengah