Analis Rusia: Peran Iran Penting di Suriah

Diposting oleh Bocah Klepon on Senin, 18 Juni 2012

Berita Timur Tengah, - Seorang analis politik Rusia menegaskan peran penting Iran di Timur Tengah, terutama di Suriah. Igor Korotchenko, kepala editor majalah pe...

Seorang analis politik Rusia menegaskan peran penting Iran di Timur Tengah, terutama di Suriah. Igor Korotchenko, kepala editor majalah pertahanan nasional Rusia, Oborona Natsionalnaya, Ahad (17/6) mengatakan penentangan Washington dan London atas keterlibatan Tehran dalam konferensi masa depan Suriah akan semakin mempersulit upaya mewujudkan solusi mengatasi krisis di negara Arab itu.

“AS terlibat dalam kampanye kotor terhadap Suriah,” kata Korotchenko.

 
Analis politik Rusia ini menilai pembicaraan mengenai krisis Suriah harus menyertakan Assad.  ”Moskow memiliki informasi rinci bahwa Qatar, Turki dan Amerika Serikat menyalurkan senjata kepada pemberontak dan kelompok teroris di Suriah,” tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov menyatakan, tidak dilibatkannya Iran di sidang internasional mendatang terkait Suriah merupakan langkah keliru.

“Republik Islam Iran adalah negara yang memiliki pengaruh besar terhadap Suriah dan kehadiran Tehran di sidang ini akan memiliki dampak besar,” ungkap Lavrov kepada wartawan di Moskow.

Di bagian lain pernyataannya, Lavrov menegaskan bahwa Moskow tidak akan membiarkan Dewan Keamanan PBB menggunakan kekerasan menyikapi Suriah. “Opsi intervensi militer di Suriah akan berubah menjadi tragedi,” tandas Lavrov. (IRIBIndonesia/PH)


Timur Tengah