Perunding Barat Langsung Bertolak ke Israel Pasca Perundingan Moskow

Diposting oleh Bocah Klepon on Rabu, 20 Juni 2012

Berita Timur Tengah, - Para delegasi Kelompok 5+1 dalam perundingan dengan Iran yang sedang berlangsung di Moskow, Rusia, akan bertolak menuju Tel Aviv usai peru...

Para delegasi Kelompok 5+1 dalam perundingan dengan Iran yang sedang berlangsung di Moskow, Rusia, akan bertolak menuju Tel Aviv usai perundingan.

Para delegasi Kelompok 5+1 (lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB ditambah Jerman) menurut rencana akan langsung bertolak dari Moskow menuju Tel Aviv untuk menyerahkan update hasil perundingan dengan Iran kepada para pejabat Israel. Demikian dilaporkan Haaretz Senin (18/6).

Setelah perundingan Baghdad berakhir pada tanggal 24 Mei lalu, juru runding Amerika Serikat,  Wendy Sherman, menuju ke Israel untuk “berkonsultasi.”

Namun Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Ehud Barak, menolak menemui pejabat Amerika Serikat itu. Sherman mnyerahkan laporannya kepada Penasehat Keamanan Nasional Yaakov Amidror dan Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri Israel, Rafi Barak.

Iran dan Kelompok 5+1 melakukan perundingan ketiga di Moskow Senin (18/6).

Delegasi perundingan Iran dipimpin oleh Sekretaris Dewan Tinggi Keamanan Nasional Iran, Said Jalili, sementara Kelompok 5+1 dipimpin oleh Catherine Ashton, Ketua Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa.

Sebelumnya, Jalili mendesak Barat untuk menghormati hak nuklir Republik Islam Iran guna menyukseskan perundingan Moskow.

Dia juga menekankan kesiapan Republik Islam Iran untuk berunding dengan berbagai negara dalam berbagai isu termasuk kerja sama di bidang energi nuklir.

Perundingan Moskow merupakan lanjutan dari putaran sebelumnya yang berlangsung di Baghdad dan Istanbul. (IRIB Indonesia/MZ)


Timur Tengah