Menlu Suriah Bertolak ke Rusia Bicarakan Prakarsa Kofi Annan

Diposting oleh Bocah Klepon on Selasa, 10 April 2012

Berita Timur Tengah, - Walid al-Mouallem, Menteri Luar Negeri Suriah Senin sore (9/4) tiba di Moskow untuk berunding dengan petinggi Rusia terkait prakarsa Kofi A...

Walid al-Mouallem, Menteri Luar Negeri Suriah Senin sore (9/4) tiba di Moskow untuk berunding dengan petinggi Rusia terkait prakarsa Kofi Annan, utusan khusus PBB.

Dalam kunjungannya ini Mouallem diprediksikan akan bertemu dengan Presiden Dmitry Medvedev dan Menlu Sergei Lavrov. Demikian dilaporkan IRNA.

Pelaksanaan enam butir prakarsa Annan untuk menyelesaikan krisis di Suriah akan menjadi agenda utama perundingan Mouallem dengan petinggi Rusia.

Riyadh Haddad, Duta Besar Suriah di Moskow baru-baru ini menyatakan, tujuan lawatan Mouallem ke Rusia untuk melanjutkan lobi dengan negara ini terkait krisis yang mendera Damaskus dan mencari solusi untuk mengatasinya.

Lawatan Mouallem ke Rusia bertepatan dengan habisnya batas waktu penarikan pasukan Suriah dari wilayah pemukiman di negara ini.

Terkait lawatan Moallem ke Rusia, Deputi Menlu Rusia, Gennady Gatilov menandaskan, Moskow akan melanjutkan upaya diplomatiknya untuk menyelesaikan krisis yang terjadi di Suriah.

Menurutnya, upaya untuk memaksakan satu solusi kepada Suriah akan meningkatkan kerusuhan di negara ini.

Ia menekankan, solusi krisis di Suriah akan dilakukan dengan menghormati kedaulatan negara ini dan aksi kekerasan harus segera dihentikan. “Moskow akan melanjutkan perundingannya dengan Moskow untuk memulai segera reformasi politik di negara ini,”ujar Gatilov. (IRIB Indonesia/MF)


Timur Tengah