AS Akan Alokasikan Dana Nyaris 1 Milyar Dolar untuk Israel

Diposting oleh Bocah Klepon on Selasa, 08 Mei 2012

Berita Timur Tengah, - Parlemen Amerika Serikat akan mengalokasikan hampir satu milyar dolar pada tahun anggaran 2013 untuka membantu sistem pertahanan rudal Isr...

Parlemen Amerika Serikat akan mengalokasikan hampir satu milyar dolar pada tahun anggaran 2013 untuka membantu sistem pertahanan rudal Israel.

Senin (7/5), Su-komisi Alokasi Pertahanan Parlemen Amerika Serikat menganggarkan 947 juta USD untuk sistem Iron Dome, David’s Sling, dan sistem rudal jarak jauh Arrow milik Israel.

Seorang anggota komisi tersebut Steve Rothman mengatakan, “Ini merupakan pengalokasian dana terbesar [untuk Israel] yang pernah ditetapkan dalam satu tahun oleh Amerika Serikat.”

Pengalokasikan dana hampir satu milyar USD itu masih harus disetujui oleh Senat sebelum dikirim ke Gedung Putih untuk ditandatangani oleh Presiden Barack Obama.

Israel berencana mengeluarkan dana sebesar 680 juta USD untuk sistem rudal Iron Dome-nya. Sisa dana bantuan dari AMerika Serikat itu akan digunakan dalam berbagai proyek rudal jarak dekat dan jauh dengan Amerika Serikat.

Hingga kini, rezim Zionis Israel merupakan penerima bantuan militer terbesar dari Amerika Serikat.

Bulan lalu, Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) dalam statemennya menegaskan, “Departemen Pertahanan telah membicarakan masalah bantuan Amerika Serikat untuk menambah perlengkapan sistem Iron Dome dengan Israel dan akan meminta tingkat pendanaan yang tepat dari Kongres guna mendukung proyek tersebut sesuai dengan keperluan dan kapasitas produksi Israel.”

Proyek David’s Sling dan Arrow adalah proyek gabungan AS-Israel, sementara Iron Dome merupakan proyek Tel Aviv. (IRIB Indonesia/MZ)


Timur Tengah