Inilah Surat Rahasia Menlu Saudi Untuk Gagalkan Kemenangan Kubu Islamis Mesir

Diposting oleh Bocah Klepon on Minggu, 27 Mei 2012

Berita Timur Tengah, - Televisi al-Alam berhasil mendapat dokumen rahasia mengenai surat Menteri Luar Negeri Arab Saudi kepada Duta Besar negara itu di Mesir yan...

Televisi al-Alam berhasil mendapat dokumen rahasia mengenai surat Menteri Luar Negeri Arab Saudi kepada Duta Besar negara itu di Mesir yang menyinggung tentang upaya intervensi pejabat Riyadh untuk mencegah kemenangan kubu Islamis di Mesir.

Dalam surat Saud al-Faisal kepada Dubes Riyadh di Kairo, disebutkan bahwa Menlu Saudi meminta kepada Ahmed Kattan untuk menggunakan segala cara demi mencegah kemenangan kubu Islamis Mesir khususnya kandidat dari Partai Kebebasan dan Keadilan, sayap politik Ikhwanul Muslimin.

Penggalan surat tersebut berbunyi, “Berdasarkan penegasan khusus dari Khadimul Haramain Sharifain (Raja Saudi), kami meminta yang terhormat untuk mengerahkan segenap upaya guna mencegah kemenangan kandidat dari kubu Islamis, khususnya Mohammed Morsi, sebab Ikhwanul Muslimin adalah ancaman nyata bagi kita. Kita berharap mereka tidak berhasil meraih kekuasaan di Mesir. Jika hal itu terjadi, maka kita akan kehilangan posisi untuk mengatur dunia Arab dan Islam. Oleh karena itu, segala cara harus ditempuh untuk mencegah hal itu terjadi…” 

Di bagian lain surat tersebut disebutkan bahwa “Kami meminta Anda untuk memberikan semua laporan terkait pemilu di Mesir kepada Departemen Luar Negeri Saudi dengan tetap menjaga semua ketentuan khusus keamanan…”

Suratrahasia tersebut ditandatangani oleh Saud al-Faisal dan distempel langsung oleh Departemen Luar Negeri Saudi. (IRIB Indonesia/RA)


Timur Tengah